Apa Fungsi Notasi Angka Dan Notasi Balok

Apa Fungsi Notasi Angka Dan Notasi Balok

7 Jelaskan apa kewajiban kita jika lingkungan di sekitar tempat tinggal kita banyak polusiudara ?Jawab:SBDP (KD 3.2)8.Apa fungsi tanda tempo ?Jawab:9. Apa arti tanda tempo mars ?Jawab:10. Tulislah notasi angka notasi balok di bawah ini​

Daftar Isi

1. 7 Jelaskan apa kewajiban kita jika lingkungan di sekitar tempat tinggal kita banyak polusiudara ?Jawab:SBDP (KD 3.2)8.Apa fungsi tanda tempo ?Jawab:9. Apa arti tanda tempo mars ?Jawab:10. Tulislah notasi angka notasi balok di bawah ini​


Jawaban:

7.menjaga kebersihan dan mengurangi penggunaan sepeda motor

8.Tempo berfungsi cepat lambatnya sebuah lagu

9.Tempo Mars adalah tempo cepat

10.GK ad gambar

Jawaban:

no 7 menjaga keberisahan sekitar rumah dan tidak terlalu banyak mengunakan kendaranaan seperti mobil dan sepeda motor

no 8 untuk mengetahui cepat lambatnya lagu di nyanyikan

no 9 untuk mengatur keras lebut nya nada

no 10 mana gambarnya

jadikan jawaban tercerdas


2. 1 .Jelaskan proses membuat ragam hias kayu dengan menggunakan alat pahat2.jelaskan fungsi ragam hias kayu selain sebagai hiasan3.Berilah contoh teknik ragam hias bahan kayu dengan bentuk bidang dua dimensi dan tiga dimensi4.sebutkan jenis cat yang dapat digunakan untuk melukis bahan kayu5.jelaskan arti titik dibelakang nada dalam notasi angka dan notasi balok6.lihat pada gambar diatas ya...PLEASES TOLONG JAWAB YA....SECEPATNYA......BUAT BESOKK....


2 .fungsi diantaranya adalah sebagai berikut :


Ukiran dibuat semata - mata hanya sebagai hiasan dan tidak mengandung makna tertentu

Ukiran yang mengandung simbol - simbol tertentu dan berfungsi magis. Dalam hal ini berkaitan dengan kepercayaan untuk kepentingan spiritual. 

Disamping sebagai hiasan juga berfungsi sebagai simbolis yang berhubungan dengan dunia spiritual. Oleh karena memiliki makna tertentu, maka penempatannya tidak boleh disembarang tempat, contohnya ukiran pada rumah gadang di Minangkabau, Sumatera Barat. 

Penempatan ukiran selain untuk menghias juga digunakan sebagai pendukung sebuah bangunan. Sebagai contoh, ukiran pada rumah adat, disamping sebagai hiasan yang memiliki makna simbolis, juga berfungsi untuk memperkokoh bangunan. Oleh karena itu, penempatan ukiran pada bangunan tersebut berfungsi ganda, yaitu untuk memperindah dan memperkokoh bangunan. 

Penambahan ukiran akan menambah nilai jual suatu benda yang diukir. Contohnya, ukiran pada meja, kursi, lemari, dan lain - lain.

maaf cuma yg itu

3. 1. Kumpulan titik-titik dan unsur garis, dapat menyatakan bentuk,irama,gerak,gelap terang,tekstur dan suasana disebut.... * a. titik b. garis c. warna d. bentuk 2. Patung dibuat untuk sarana ibadah pada kepercayaan tertentu bertujuan .... * a. hiburan b. religius c. magis d. estetis 3. Hasil curahan perasaan atau ekspresi kreatif yang dilakukan manusia disebut .... * a. artistik b. seniman c. estetis d. seni 4. Karya seni rupa yang dikerjakan pada bidang datar, seperti bidang kertas,papan,kaca,kulit disebut karya seni . . . dimensi * a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 5. Berikut adalah contoh aliran dalam lukisan , kecuali .... * a. realisme b. romantisme c. dramatik d. kubisme 6. Romantisme berasal dari kata Roman yang berarti .... * a. waktu b. zaman c. makna d. cerita 7. Vincent Van Gogh adalah seorang pelukis beraliran .... * a. realisme b. romantisme c. ekspresionisme d. dadaisme 8. Tokoh yang dijuluki sebagai Bapak Kubisme Dunia adalah .... * a. Affandi b. Van Gogh c. Monet d. Pablo Picasso 9. Berikut merupakan contoh karya seni 3 dimensi, adalah .... * a. lukisan b. patung c. relief d. semua salah 10 Menggambar sebelumnya kertas gambar dibasahi air disebut menggunakan teknik .... * a. arsir b. dussel c. kering d. basah 11. Penghias lagu yang sudah ada menjadi bagus adalah .... * a. aransemen b. melodi c. harmoni d. ritme 12. Berikut yang merupakan tokoh musik abad ke 18 adalah .... * a. Franz Joseph Haydy b. Johan Sebastian Bach c. George Friederich Handel d. Ludwig Van Beethoven 13. Orang yang ahli dalam membuat aransemen adalah .... * a. arranger b. komposer c. musisi d. apresiasi 14. Notasi pada musik gamelan menggunakan angka-angka yang dikenal dengan sistem notasi .... * a. balok b. angka c. partitur d. balungan 15. Tangga nada yang hanya memiliki jarak nada setengah adalah tangga nada .... * a. kromedia b. diatonis c. mayor d. minor 16. Tempat untuk meletakkan butir-butir nada disebut .... * a. dinamik b. tempo c. tempo d. ritme 17. Petunjuk untuk memberitahukan pemusik, cepatnya suatu lagu yang harus dinyanyikan disebut .... * a. ritme b. nada c. tempo d. harmoni 18. Tangga nada disebut juga .... * a. paranada b. skala nada c. tempo d. harmoni 19. Volume yang menunjukan tingkat kekuatan atau kelemahan bunyi saat musik dimainkan disebut .... * a. dinamik b. timbre c. tangga nada d. tempo 20. Jenis pernapasan yang sangat pendek dan tidak cocok digunakan dalam vocal disebut pernapasan .... * a. perut b. dada c. diagfragma d. mulut 21. Apabila seni rupa murni mengutamakan keindahan, maka seni rupa terapan mengutamakan .... * a. keindahan b. fungsi pakai dan keindahan c. keindahan dan bentuk d. bentuk dan warna 22. Karya seni rupa daerah berbeda satu sama lain karena .... * a. religiusitasnya b. fungsinya c. nilai budayanya d. semua salah 23. Kegiatan membubuhkan cat di atas bidang yang datar disebut .... * a. memahat b. melukis c. mendesain d. memberi pola 24. Segala material yang dapat digunakan untuk kegiatan melukis disebut .... * a. alat b. bahan c. media d. sarana 25. Cara atau metodem yang digunakan dalam kegiatan melukis disebut .... * a. media b. bahan c. teknik d. aquarel


1. ?
2. religius
3. seni
4. dua
5. dramatik
6. cerita
7. ekspresionis
8. picasso
9. patung
10. basah

4. sebutkan fungsi notasi angka dan notasi balok​


Fungsi notasi angka yaitu sebagai petunjuk nada yang akan di mainkan dalam sebuah lagu. Sedangkan fungsi notasi balok adalah untuk melambangkan tinggi rendah dari bunyi serta sifat daRi bunyi yang dilambangkan

Pembahasan

Notasi adalah sistem penulisan dalam ekspresi musik yang dituangkan dalam bentuk seperti simbol berupa angka atau gambar not. Lambang atau tanda yang tertulis di dalamnya juga disebut dengan tulisan musik. Penulisan notasi ini tujuannya adalah memudahkan pemusik untuk memainkan sebuah lagu, terutama bagi mereka yang memainkannya secara kelompok yang umumnya diiringi dirigen. Notasi merupakan salah satu unsur musik yang membentuk sebuah lagu. Jenis notasi dalam seni musik terdapat dua macam diantaranya yaitu:

Notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol angka-angka. Notasi angka terdiri dari angka 1 sampai 7. Contohnya adalah do (1), re (2), mi (3), fa (4), sol (5), la (6) si (7) do (i). Pada penulisannya, nada tinggi diberi titik di bagian atas angkanya. Sedangkan nada rendah, titik diletakkan di bagian bawah angkanya. Notasi angka cukup banyak digunakan dan dianggap lebih mudah dibaca dibanding jenis notasi musik lainnya.Notasi balok adalah simbol atau tanda untuk menandakan tinggi rendah nada yang diwujudkan gambar. Penulisan notasi ini lebih lengkap daripada notasi angka. Sebab setiap simbol atau gambar memiliki nilai tertentu. Bagian-bagian notasi balok dibagi menjadi 3, yaitu bendera, tangkai, dan kepala. penulisan notasi balok didasarkan pada paranada yang memiliki lambang berbeda untuk tiap nadanya. Perbedaan lambang juga menunjukkan durasi serta ketinggian nada tersebut.  Untuk tinggi nada, digambarkan secara vertikal. Sedangkan untuk waktu atau ritme digambarkan secara horizontal, serta durasi nada dalam musik digambarkan dengan ketukan. Notasi balok digambarkan di garis pranada yang berbentuk garis lurus horizontal memanjang.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang tempo brainly.co.id/tugas/35986199Materi tentang frekuensi nada brainly.co.id/tugas/47258004Materi tentang pengertian nada brainly.co.id/tugas/47264828

Detail jawaban

Kelas : 3

Mapel : Seni Budaya

Bab : Simbol Nada dan Tempo Lagu

Kode : 3.19.3

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3  


5. jawabin ya yang baik , dapet poin ehehee tinggal ambil dr internet, maaf banyak mau buat ujian:( 1) pengertian seni musik (scr umum, menurut para ahli -> koentjara ningrat, soedarsono, soemarsono, scafer) 2)bagian2 musik (birama, irama, tempo, para nada, dinamika, pitch, volume suara, bunyi) 3)fungsi musik (penjelasan, contoh) 4) notasi (pengertian, jenis notasi -> balok & angka) 5) nilai notasi balok, lambang notasi, lambang tanda diam 6) bahan pembentuk musik menurut curt suchs 7) genre musik 8) cara menyusun kritik seni 9) alat2 musik daerah 10) cara membaca notasi (eksidental, enharmonis, tanda mula) 11) cara membuat pagelaran 12) harmoni & kontrapung MOHON JAWAB YA YANG BAIK DI DOAIN YANG JAWAB NILAI UTS NYA GA ADA YANG DI BAWAH KKM AMIN. YANG BISA JAWAB GA HARUS SEMUA GAPAPA KOK, YANG MAU SEMUA MALAH BAIK BANGET HEHEHE:DDDDDD


2.-irama = gerak teratur karena munculnya aksen secara tetap.
- tempo = cepat / lambatnya sebuah lagu.
-dinamika = keras lembut lagu dan perubahannya
4.notasi angka= sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol angka''.
notasi balok = simbol atau tanda untuk menyatakan tinggi rendahnya suara. yang di wujudkan dengan gambar.
9.jawa barat = angklung,calung, tarling, degung
jawa tengah= gamelan
jawa timur = bandura
bali = gamelan
riau =gambus
sumbar = talempong,gendang besar,ketipung, rebana, gendang sedang, saluang,serunai,puput tanduk, suliang.
sulawesia utara= kolintang
maluku = tifa,sulepe,arababu,korno,
timor= sasando
12.harmoni =keselasaran paduan bunyi.


itu aja yg aq tauu....


6. 1. Tulislah interval nada pada tangga nada diatonis mayor. 2. Tulislah perbedaan dari notasi angka dan notasi balok. 3. Jelaskan yang dimaksud dengan irama. 4. Tulislah pengertian dan fungsi dari akor.tolong dijawab 1 2 3 4 dong slayy ​


Jawaban:

1. Dalam teori musik, skala mayor atau tangga nada mayor adalah salah satu Tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah: *1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2.*

Sebagai contoh, tangga nada C mayor adalah *C, D, E, F, G, A, B, C'your*

*C, D, E, F, G, A, B, C'your*

2. Perbedaan notasi angka dan notasi balok:

Notasi angka —>Sistem penulisan lagu menggunakan symbol yang berupa angka. ( do re mi fa sol la si).Notasi angka tidak mempunyai patokan tinggi nada tetap.Lebih cocok digunakan dalam menyanyi ( secara fokal ).

Notasi balok —>Sistem penulisan lagu dengan symbol/data biasanya untuk menanyakan tinggi rendah suara.Punya patokan tinggi nada tetap.Cocok untuk digunakan dalam bermain musik.Terdapat garis paranada.

3. Irama adalah alunan bunyi teratur dan berulang yang ada dalam permainan musik.

4. Akord mempunyai arti yaitu kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Akord bisa dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Contoh alat musik lainnya yang bisa memainkan akord adalah gitar (akustik dan listrik), organ, electrone.

Adapun fungsi akord adalah antara lain:

1. Mengiringi orang menyanyi.

2. Untuk memudahkan mengaransemen lagu

3. Membantu menciptakan sebuah lagu

Penjelasan:

semoga membantu maaf kalau salah

Jawaban:

1. 1 1 ½ 1 1 1 ½

2. angka: mudah di pahami namun sulit di buat

balok: berbentuk tangga nada yang lebih sulit untuk di pahami

3. suasana/ berirama yang berbeda

4. kumpulan 3 nada / lebih bila di mainkan secara bersamaan

Penjelasan:

maaf kalau salah , semoga membantu!


7. Jelaskan fungsi dari notasi angka dan notasi balokJawab:​


Jawaban:

Fungsi dari not angka adalah sebagai petunjuk nada yang akan dimainkan dalan sebuah lagu. Fungsi dari not balok adalah untuk melambangkan tinggi rendah dari bunyi serta sifat dari bunyi yang dilambangkan.

Penjelasan:

______________________________________

password:2245

"Ayo Semangat Belajar"


8. tulislah уang masuk tempo lambatnotasi angka adalah. . . .notasi balok adalah. . . .apa arti titik di belakang notasi balok?fungsi titik di belakang notasi balok adalah. . . .karena banyak aku kasih 20 poin​


1.) Tempo grave, tempo largo, tempo adagio, dan tempo lento

2.) Notasi musik yang menggunakan simbol angka disebut notasi angka. notasi angka merupakan simbol nada yang terdiri atas angka 1 hingga 7.

3.) Notasi musik atau titinada musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan oleh not.

4.) Artinya nilai tanda titik adalah setengah dari not di depannya. Bila not di depannya adalah not penuh (1) = 4 ketuk, maka tanda titik bernilai setengah (1/2) = 2 ketuk, dan seterusnya. Tanda titik dibelakang not angka artinya ketukan berhenti.

5.) Fungsi titik ini adalah untuk menambah nilai not sebesar setengah dari not di depannya


9. 1.tuliskan satu perbedaan dari notasi angka dengan not balok2.tuliskan satu perbedaan dari vokal grup dengan paduan suara 3. tuliskan nada dasar dari tangga nada netral,tangga nada 1#,2#4. jelaskan fungsi tanda kres(#) dalam tangga nada 5. jelaskan fungsi tanda mol (b) dalam tangga nada pliss dijawab semua besok ujiannn​


Jawaban:

Perbedaan notasi angka dan notasi balok :

~ Notasi angka => sistem penulisan lagu menggunakan symbol yang berupa angka. ( do re mi fa sol la si ). Notasi angka tidak mempunyai patokan tinggi nada tetap. Lebih cocok digunakan dalam menyanyi ( secara vocal )

~ Notasi balok => sistem penulisan lagu dengan symbol/tanda biasanya untuk menyatakan tinggi rendah suara. Punya patokan tinggi nada tetap. Cocok untuk digunakan dalam bermain music. Terdapat garis paranada.


10. 1. Bahan buatan yang digunakan untuk membuat seni grafis cetak dalam adalahA. rakelB. alumuniumC. kliseD. screen2. Para siswa kelas 9 mengadakan pameran seni rupa sebagai nilai akhir mata pelajaran seni budaya,karya yang disajikan adalah semua hasil karya siswa tersebut yang sudah dibuat dari kelas 7,8, dan 9 . berdasarkan karya yang disajikan,pameran tersebut tergolong jenis pameran....A. tunggalB. kelompokC. homogenD. heterogen2. Teknik pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi adalah pernafasanA. perutB. dadaC. mulutD. diafragma3. Alat musik yang berfungsi untuk memainkan rangkaian nada dalam sajian musik adalah alat musik...A. ritmisB. melodisC. harmonisD. dinamika4. Bagian penutup sebuah lagu yang berfungsi agar lagu berakhir halus dan tidak mendadak disebutA. interludeB. endingC. introD. bridge5. Cara menuliskan notasi dapat dengan notasi angka dan notasi balok. bagian-bagian notasi balok secara urut adalahA. tangkai not,bendera not,dan kepala notB. bendera not,kepala not,dan tangkai notC. kepala not,tangkai not, dan bendera notD. kepala not,bendera not, dan tangkai not​


Jawaban:

1A

2D.heterogen

2D.diaragma

3melodis

4ending lah jelas

5-

1. c

2. c homogen

2. d diafragma

3. b melodis

4. b ending

5. b


11. Sebutkan fungsi dari notasi angka dan notasi baloktolong bantu dong di kumpulkan jam 09.00sebenarnya ini soal SBDP karena nggak ada ya udah aku pilih materi yang SBMPTN​


Jawaban:

Fungsi dari not angka adalah sebagai petunjuk nada yang akan dimainkan dalan sebuah lagu. Fungsi dari not balok adalah untuk melambangkan tinggi rendah dari bunyi serta sifat dari bunyi yang dilambangkan.

Penjelasan:

smoga membantu :D


12. 1.Lagu bertempo sedang adalah lagu yang dinyanyikan dengan kecepatan sedang, artinya tidak cepat dan tidak lambat. Lagu berikut ini yang biasa dinyanyikan dengan tempo sedang adalah …. a. Indonesia Raya dan Syukurb. Hari merdeka dan Ibu Kita Kartinic. Bagimu negeri dan mengheningkan ciptad. Halo-halo bandung dan garuda pancasila2.Sistem penulisan karya dalam seni musik yang menggunkan angka dan balok disebut ... a. Nadab. biramac. Tempod. Notasi3.Suatu bunyi yang memiliki getaran yang teratur disebut ... a. Nadab. Biramac. tempod. notasi4.Dalam seni musik, irama diwujudkan dalam bentuk pengulangan nada atau not serta jeda hening dalam waktu.Jelaskan yang di maksud dari irama lagu… A. Bunyi yang bersifat beraturan dan memilki frekuensi nada tinggiB. Sebuah tanda yang berfungsi untuk menentukan jumlah hitungan serta nilai pada setiap ketukanC. Pergantian tinggi rendah, Panjang pendek, dan keras lembut ucapan bunyiD. Durasi kecepatan birma lagu.5.Karya seni rupa dapat dibuat dari bahan – bahan yang tersedia dialam, salah satu contohnya adalah kertas. Contoh bahan lain yang dapat digunakan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi adalah … a. Kayu, kain dan tali.b. Tanah liat, batu dan logam.c. Gips, kawat, dan kain.d. Tanah liat, bamboo dan daun.6.Seni merupakan sebuah imajinasi yang diciptaan oleh manusia dengan kreatif untuk mengungkapkan perasaan dari manusia itu sendiri. Yang dimana ciptaan tersebut mempunyai nilai estetika atau keindahan. Pada dasarnya seni rupa memiliki banyak bentuk. Dalam hal ini seni terapan ada dua jenis, yaitu seni terapan dua dimensi dan seni terapan tiga dimensi. Seni rupa dua dimensi adalah seni sebuah karya seni yang hanya memiliki dua bagian sisi,yaitu sisi Panjang dan lebar. Sedangkan karya seni rupa tiga dimensi memiliki ukuran …a. Lebarb. Panjang dan tinggic. Lebar, luas dan tinggid. Volume7.karya yang hanya dapat dinikmati dari satu arah, yaitu arah depan. Sebab, karya ini hanya memiliki dimensi panjang dan lebar adalah seni.... A. Satu dimensiB. Dua dimensiC. Tiga dimensiD. Empat dimensi8.Apa perbedaan karya seni dua dimensi dan karya seni tiga dimensi…A. Karya yang memilki hanya satu dimensi yaitu Panjang dan lebar sedangkan tiga dimensi benda memilki Panjang, lebar, tinggi dan volumeB. Karya empat dimensi baru dalam dunia dimensi seni rupa yang mencakupi :seni rupa video sedangkan dua dimensi karya seni rupa yang memiliki batas dua sisi, yaitu sisi Panjang dan sisi lebarC. Seni rupa dua dimensi memiliki Panjang dan lebar sedangkan tiga dimensi memiliki Panjang, lebar, dan ketebalanD. Seni dua dimensi memilki Panjang dan lebar sedangkan empat dimensi memilki seni video.9.Notasi lagu adalah tanda tertulis yang memiliki titi nada. Notasi juga dapat didefinisikan sebagai simbol, lambang, atau tulisan musik. Notasi musik sering dilambangkan dengan not angka dan not balok. Angka 3 pada not angka adalah ….. a. dob. sic. mid. so10.Tempo lagu adalah tanda yang wajib digunakan untuk menunjukkan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan. Tempo merupakan komponen penting dalam bermusik. Jika tempo tidak tepat maka seorang penyanyi bisa saja akan menyanyi lebih cepat dari iringan musiknya atau sebaliknya. Secara umum, ada tiga jenis tempo yang perlu diketahui, yakni cepat, sedang, dan lambat. Tempo Moderato termasuk dalam jenis tempo …. a. Cepatb. Lambatc. Sedangd. Sangat cepat​


Jawaban

1. A.

2. D.

3. A.

4. C.

5. B.

6. C.

7. B.

8. C.

9. C.

10. C.

PembahasanNomer 1.

Lagu yang bertempo sedang dinamakan tempo Moderato.

Moderato memiliki tempo yang ketukannya adalah 88-112 BPM.

Adapun contoh lagu yang dinyanyikan dengan tempo sedang atau moderato lainnya adalah:

Ibu Kita Kartini

Bagimu Negeri

Indonesia Pusaka

Nomer 2.

Notasi ialah sistem penulisan karya dalam seni musik yang menggunakan angka dan balok.

Karya musik yang dibuat akan dituangkan dalam bentuk gambar.

Gambar–gambar yang melambangkan bunyi tersebut kemudian dituliskan dalam bentuk not balok sesuai dengan tinggi–rendah bunyi yang dilambangkan.

Nomer 3.

Nada merupakan suatu bunyi yang memiliki getaran yang teratur.

Nada memiliki jenis–jenis yang harus dipahami, antara lain:

Tangga Nada Minor: yaitu tangga nada yang bernuansa sedih dan kurang bersemangat.

Tangga Nada Mayor: tangga nada ini memberi kesan bersemangat dan riang gembira.

Kromatik dan Mol: tangga nada yang satu ini akan membuat kita semakin paham perihal nada bukan hanya pengertian nada saja. Dikarenakan setiap nada ke nada, akan ada tempo yang harus dipatuhi.

Nomer 4.

Irama merupakan pergantian tinggi–rendah, panjang–pendek, dan keras–lembut sebuah ucapan.

Artinya, keberadaan irama akan sangat membantu dalam mengontrol konsistensi waktu dalam suatu lagu.

Bahkan alunan dan ketukan irama bisa membuat pendengarnya memberikan respon yang beragam, seperti menggelengkan kepala hingga menari–nari.

Nomer 5.

Karya seni 3 dimensi merupakan dimensi yang mengandung unsur–unsur tertentu hingga membentuk suatu objek.

Contoh bahan–bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni 3 dimensi ialah:

Bahan lunak: sabun, lilin, tanah liat, dan plastisin.Bahan keras: kayu, batu, dan rotan.Bahan cor/cetak: gips, perak, logam, dan timah.Nomer 6.

Seni rupa 2 dimensi merupakan suatu karya yang tidak memiliki ruang. Hal tersebut dikarenakan karya seni rupa 2 dimensi tidak mempunyai ketebalan dan ketinggian. Melainkan hanya memiliki 2 ukuran, yaitu panjang dan lebar.

Sedangkan karya seni rupa 3 dimensi mengandung beberapa unsur tertentu, yakni lebar, luas dan tinggi, atau yang biasa disebut juga dengan volume.

Nomer 7.

Dua dimensi merupakan karya seni rupa yang dapat dinikmati dari satu arah saja, yaitu arah depan. Mengapa demikian? karena, karya seni rupa 2 dimensi dibuat pada suatu bidang datar dan tidak memiliki ruang. Berbeda dengan karya seni rupa 3 dimensi yang dibuat dengan cara dibentuk.

Nomer 8.

☑️ Pembahasan nomer 8. sudah ada pada pembahasan nomer 7.

Nomer 9.

Not angka merupakan not yang ditulis menggunakan angka–angka.

Sebelum itu, kita harus mengenal dulu apa itu tangga nada.

Apa sih itu tangga nada? tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berurutan.

Tangga nada yang kita kenal adalah Do–Re–Mi–Fa–So–La–Si atau bisa juga 1 (do), 2 (re), 3 (mi), 4 (fa), 5 (so), 6 (la), 7 (si).

Angka 3 pada not angka adalah 3 (mi).

Nomer 10.

Pengertian singkat dari tempo lagu adalah cepat–lambatnya lagu yang kita nyanyikan.

Ada beberapa jenis tempo lagu yang digunakan dalam musik, yakni tempo lambat, tempo sedang, dan tempo cepat.

Jenis–jenis tempo lambat:

Grave: sangat lambat. Ketukan pada grave adalah 40-44 BPM ( Beat Per Minute ).Largo: sangat lambat. Ketukan pada largo adalah 40-48 BPM.Lento: sangat lambat. Ketukan pada lento adalah 50-54 BPM.Adagio: sangat lambat. Ketukan pada adagio adalah 50-58 BPM.

Jenis–jenis tempo sedang:

Andante: sedang. Ketukan pada andante adalah 69-76 BPM.Andantino: sedang. Ketukan pada andantino adalah 76-84 BPM.Moderato: sedang. Ketukan pada moderato adalah 88-112 BPM. ( Jawaban nomer 10. )Allegro Moderato: sedang. Ketukan pada allegro moderato adalah diatas 104 MBP.

Jenis–jenis tempo cepat:

Allegreto: agak cepat. Ketukan pada allegrato adalah 104-112 MBP.Allegro: cepat. Ketukan pada allegro adalah 126-138 MBP.Vivace: cepat dan tangkas. Ketukan pada vivace adalah 152-168 MBP.Presto: sangat cepat. Ketukan pada presto adalah 176-192 MBP.

Moga bisa membantu

Jangan lupa dikoreksi ya!


13. sebutkan fungsi dari notasi angka dan notasi balok.....​


Jawaban:

apa ya aku gak tau sih masak gak tau kamu


14. 1. Cepat lambatnya sebuah lagu dinyanyikan adalah pengertian dari… a. Dinamika b. Irama c. Notasi d. Tempo 2. Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan, sedangkan yang dimaksud dengan tempo “Grave“ adalah…. a. Lambat b. Cepat c. Sedang d. Cepat sekali 3. Moderato adalah tanda tempo untuk menyanyikan lagu secara ….. a. Perlahan-lahan b. Sangat lambat c. Sedang d. Sangat cepat 4. Dibawah ini yang bebrapa notasi balok. Notasi yang memiliki nilai 1/8 yaitu… a. b. ♪ c. ♫ d. ᴑ 5. Salah satu unsur musik adalah notasi, Notasi ada dua jenis yaitu Notasi angka dan notasi Balok, berikut ini yang termasuk Notasi balok yaitu... a. ♪ b. 1, 3,5 c. 2, 4,6 d. 5,7,2 6. Dibawah ini yang merupakan salah satu lagu wajib nasional ciptaan Alfred Simanjuntak yaitu… a. Bagimu Negeri b. Maju Tak Gentar c. Bangun Pemudi Pemuda d. Hari Merdeka 7. Lagu “Anging Mamiri” berasal dari .. a. Jawa Barat b. Sulawesi Selatan c. Sumatera Utara d. Jawa Timur 8. Lagu “Bungong Jeumpa” berasal dari …. a. Sulawesi Utara b. Sulawesi Selatan c. Aceh d. Papua 9. Penyajian musik secara bersama-sama dengan alat musik tertentu dan aransemen sederhana disebut… a. Paduan suara b. Orkes string c. Konser d. Ansambel 10. Jenis alat Musik yang berfungsi sebagai pengiring melodi pokok disebut… a. Alat musik Ritmis b. Alat musik Melodis c. Alat musik Harmonis d. Alat musik cordofon 11. Yang termasuk alat music Ritmis yaitu….. a. Gendang, saron dan Rebana b. Saluang, saron dan seruling c. Gendang seruling dan ketipung d. Triangle, gendang dan ketipung 12. Alat musik yang berfungsi untuk mengiringi lagu dan sebagai melodi pokok sebuah lagu disebut… a. Alat musik Ritmis b. Alat musik Melodis c. Alat musik Harmonis d. Alat musik cordofon 13. Berikut ini yang termasuk jenis alat musik melodis yaitu... a. Gitar dan pianika b. Rebab dan Polo palo c. Gendang dan Kolintang d. Saluang dan boning 14. “Sasando” merupakan alat music tradisional yang berasal dari…. a. Sumatra Utara b. Sulawesi utara c. Jawa Tengah d. Nusa Tenggara Barat 15. Berikut ini beberapa instrument music tradisional yang cara memainkannya dengan cara di pukul…. a. Kecapi dan Sasando b. Rebab dan Polo palo c. Gendang dan Kolintang d. Saluang dan bonang​


Jawaban:

1.d

2.c

3.c

4.b

5.d

6.b

7.c

8.c

9.a

10.b

11.a

12.d

13.a

14.d

15.a


15. Sebutkan fungsi dari notasi angka dan notasi balok​


Jawaban:

- Fungsi dari not angka adalah sebagai petunjuk nada yang akan dimainkan dalan sebuah lagu.

- Fungsi dari not balok adalah untuk melambangkan tinggi rendah dari bunyi serta sifat dari bunyi yang dilambangkan

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf kalau salah


16. 1. Kumpulan titik-titik dan unsur garis, dapat menyatakan bentuk,irama,gerak,gelap terang,tekstur dan suasana disebut.... * a. titik b. garis c. warna d. bentuk 2. Patung dibuat untuk sarana ibadah pada kepercayaan tertentu bertujuan .... * a. hiburan b. religius c. magis d. estetis 3. Hasil curahan perasaan atau ekspresi kreatif yang dilakukan manusia disebut .... * a. artistik b. seniman c. estetis d. seni 4. Karya seni rupa yang dikerjakan pada bidang datar, seperti bidang kertas,papan,kaca,kulit disebut karya seni . . . dimensi * a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 5. Berikut adalah contoh aliran dalam lukisan , kecuali .... * a. realisme b. romantisme c. dramatik d. kubisme 6. Romantisme berasal dari kata Roman yang berarti .... * a. waktu b. zaman c. makna d. cerita 7. Vincent Van Gogh adalah seorang pelukis beraliran .... * a. realisme b. romantisme c. ekspresionisme d. dadaisme 8. Tokoh yang dijuluki sebagai Bapak Kubisme Dunia adalah .... * a. Affandi b. Van Gogh c. Monet d. Pablo Picasso 9. Berikut merupakan contoh karya seni 3 dimensi, adalah .... * a. lukisan b. patung c. relief d. semua salah 10 Menggambar sebelumnya kertas gambar dibasahi air disebut menggunakan teknik .... * a. arsir b. dussel c. kering d. basah 11. Penghias lagu yang sudah ada menjadi bagus adalah .... * a. aransemen b. melodi c. harmoni d. ritme 12. Berikut yang merupakan tokoh musik abad ke 18 adalah .... * a. Franz Joseph Haydy b. Johan Sebastian Bach c. George Friederich Handel d. Ludwig Van Beethoven 13. Orang yang ahli dalam membuat aransemen adalah .... * a. arranger b. komposer c. musisi d. apresiasi 14. Notasi pada musik gamelan menggunakan angka-angka yang dikenal dengan sistem notasi .... * a. balok b. angka c. partitur d. balungan 15. Tangga nada yang hanya memiliki jarak nada setengah adalah tangga nada .... * a. kromedia b. diatonis c. mayor d. minor 16. Tempat untuk meletakkan butir-butir nada disebut .... * a. dinamik b. tempo c. tempo d. ritme 17. Petunjuk untuk memberitahukan pemusik, cepatnya suatu lagu yang harus dinyanyikan disebut .... * a. ritme b. nada c. tempo d. harmoni 18. Tangga nada disebut juga .... * a. paranada b. skala nada c. tempo d. harmoni 19. Volume yang menunjukan tingkat kekuatan atau kelemahan bunyi saat musik dimainkan disebut .... * a. dinamik b. timbre c. tangga nada d. tempo 20. Jenis pernapasan yang sangat pendek dan tidak cocok digunakan dalam vocal disebut pernapasan .... * a. perut b. dada c. diagfragma d. mulut 21. Apabila seni rupa murni mengutamakan keindahan, maka seni rupa terapan mengutamakan .... * a. keindahan b. fungsi pakai dan keindahan c. keindahan dan bentuk d. bentuk dan warna 22. Karya seni rupa daerah berbeda satu sama lain karena .... * a. religiusitasnya b. fungsinya c. nilai budayanya d. semua salah 23. Kegiatan membubuhkan cat di atas bidang yang datar disebut .... * a. memahat b. melukis c. mendesain d. memberi pola 24. Segala material yang dapat digunakan untuk kegiatan melukis disebut .... * a. alat b. bahan c. media d. sarana 25. Cara atau metode yang digunakan dalam kegiatan melukis disebut .... * a. media b. bahan c. teknik d. aquarel


2.B 3.D 4.A 9.B 10.D 11.A 13.A 21.B 22.C 23.B 24.B 25.C

17. Sebutkan fungsi dan notasi angka dan notasi balok​


Jawaban:

Fungsi dari not angka adalah sebagai petunjuk nada yang akan dimainkan dalan sebuah lagu. Fungsi dari not balok adalah untuk melambangkan tinggi rendah dari bunyi serta sifat dari bunyi yang dilambangkan.

Penjelasan:

Pliss jadiin jawaban terbaik

Jawaban:

Fungsi dari not balok adalah untuk melambangkan tinggi rendah dari bunyi serta sifat dari bunyi yang di lambangkan.

Fungsi dari not angka adalah sebagai petunjuk nada yang akan di mainkan dalam sebuah lagu.

Penjelasan:

Semoga membantu!

Jadikan jawaban terbaik yaa


18. 11. Lagu yang bertempo cepat biasanya ....12. Tangga nada adalah ....13. Bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensitertentu disebut ....14. Lagu "Halo-halo Bandung” dinyanyikan dengantempo15. Lagu "Menanam Jagung" merupakan tempo laguyang bertempo16. Jelaskan macam-macam tempo dalam sebuahlagu!17. Jelaskan fungsi dari notasi angka dan notasibalok!​


lagu daerah

musik

nada

semangat

seksama


19. Fungsi gambar cerita dalam sebuah buku cerita adalah ..... 2. Langkah awal sebelum membuat gambar cerita tentang kehidupan sehari-hari adalah ....... 3. Objek manusia dalam sebuah gambar cerita menggambarkan .......... cerita.4. Gambar yang memperjelas suatu cerita disebut ..... 5. Gambar pohon kelapa akan tepat untuk gambar cerita dengan suasana ....... 6. Bagian terkecil dari suatu lagu adalah ....... 7. pada notasi angka simbol angka 0 memiliki makna ....... 8. Nilai 1/4 pada notasi balok memliki ....... ketukan. 9. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara ....... 10. Jarak satu dan setengah dimiliki oleh tangga nada ....... 11. Jelaskan perbedaan antara nada dan tangga nada !12. Jelaskan perbedaan antara tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis ! 13. Tuliskan empat macam objek gambar dalam gambar cerita ! 14. Tuliskan langkah-langkah membuat gambar cerita! 15. Jelaskan fungsi kres dan mol dalam seni musik ! tolong dijawab ya #no ngasalngasal aku laporin pokoknya​


Jawaban:

1. untuk memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan, meningkatkan nilai estetis, dan lain sebagainya.

2. MENENTUKAN TEMA, MEMBUAT SKETSA dan MENYELESAIKAN/Menyempurnakan GAMBAR.

3. tokoh penjelasan

4. gambar ilustrasi

5. pantai

6. nada

7. tanda diam

8. 2 ketukan

9. berjenjang

10. diatonis

11. Nada adalah bunyi yang beraturan, dan memiliki frekuensi tunggal tertentu. Sedangkan Tangga nada merupakan susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu sistem nada, mulai dari salah satu nada dasar sampai dengan nada oktafnya, misalnya do, re, mi, fa, so, la, si, do.

12. Tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga Nada yaitu satu dan setengah. Contoh yang menggunakan tangga nada diatonis adalah Organ dan Piano. sedangkan Tangga nada Pentatonis adalah tangga nada yang hanya memiliki nada pokok yang berjumlah 5 buah saja. Tangga nada pentatonis dibagi menjadi dua macam yaitu Slendro dan pelog.

13. hewan, tumbuhan, manusia dan benda mati.

14. 1. Persiapan Bahan dan Alat. Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu.

2. Menentukan Tema. Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat.

3. Pembuatan Sketsa. Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa.

15. Kres/sharp (♯) digunakan untuk menaikkan nada ½ jarak. sedangkan Mol/flat (♭) digunakan untuk menurunkan nada ½ jarak.


20. 1. Apa dasar penulisan not balok atau angka?Jawab:2. Sebutkan bagian notasi balok!Jawab:3. Apa fungsi utama tempo pada lagu?Jawab:4. Bagaimana penulisan tanda tempo pada partitur lagu?Jawab: ....5. Sebutkan dasar pengembangan jenis tempo utama!Jawab: ....​


1. Apa dasar penulisan not balok atau angka?

Jawab: Dalam notasi musik balok, paranada adalah lima garis horisontal tempat not ditulis. Not dapat diletakkan di garis atau di antara garis (spasi) paranada. Simbol musik yang sesuai, bergantung pada efek yang diharapkan, ditempatkan pada garis berdasarkan nada atau fungsi yang sesuai.

2. Sebutkan bagian notasi balok!

Jawab: Bagian-bagian notasi balok di bagi menjadi 3 yaitu : bendera, tangkai, dan kepala. Penulisan notasi balok diletakkan pada tempat not yang disebut garis paranada.

3. Apa fungsi utama tempo pada lagu?

Jawab: Tempo yaitu salah satu unsur musik penting dan berfungsi sebagai penanda cepat dan lambatnya lagu yang dinyanyikan.

4. Bagaimana penulisan tanda tempo pada partitur lagu?

Jawab: Tempat penulisan dari tempo lagu adalah di bagian kiri atas partitur, sebelum penulisan not balok. Pembahasan: Dalam notasi balok, sistem paranada bergaris lima digunakan sebagai dasar.

5. Sebutkan dasar pengembangan jenis tempo utama!

Jawab: -Allegro : cepat.

-Allegratto : agak cepat.

-Allegrissimo : lebih cepat.

-Presto : cepat sekali.

-Presstissimo : secepat-cepatnya.

-Vivase : cepat dan girang.


Kategori b_indonesia